Jakarta, ERANASIONAL.COM – Anak Anies Baswedan menjadi salah satu korban dugaan pencatutan identitas sepihak sebagai syarat dukungan pasangan calon (paslon) independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

Melalui akun X pribadinya, Anies mengungkapkan data dirinya aman dari pencatutan sepihak untuk kebutuhan syarat dukungan paslon independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana yang akan maju di di Pilgub DKI.

“Alhamdulillah, KTP saya aman,” tulis mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, Jumat (16/8/2024).

Diketahui, kedua anaknya yakni Mikail Azizi Baswedan dan Kaisar Hakam Baswedan terdaftar sebagai pendukung Dharma-Kun tanpa sepengetahuan mereka berdua. Anies melampirkan bukti tangkapan layar hasil pengecekan NIK KTP milik kedua anaknya.

“KTP dua anak, adik, juga sebagian tim yg bekerja bersama ikut dicatut masuk daftar pendukung calon independen. :),” jelasnya.

Pengguna media sosial, khususnya yang berdomisili di Jakarta, sedang ramai membahas dugaan pencatutan identitas sebagai syarat dukungan paslon independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana. Tidak sedikit dari mereka yang mengamuk karena namanya terdaftar, ketika mereka tidak tahu-menahu perihal paslon tersebut.

Netizen pun meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) melakukan investigasi terkait kasus ini. Netizen merasa tidak terima identitasnya digunakan tanpa izin.