Jakarta, ERANASIONAL.COM – Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said mengatakan, siap maju pada pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Sudirman menyiapkan diri, jika ada partai politik (parpol) yang mau mengusungnya untuk maju dalam gelaran pemilihan kepada daerah (Pilkada) tersebut.

Hal ini disampaikan Sudirman usai hadir dalam acara ‘Bincang Para Seniman dan Sudirman Said: Saatnya Seniman Bersuara, Peduli Negeri Mencari Pemimpin Terbaik’ di kawasan Jalan Raya Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat malam (25/5/2024).

“Saya berkali-kali bicara bahwa ketika sampai pada peran-peran publik, setiap warga negara harus siap atau boleh bersiap, kalau memang dia punya minat tapi jangan sampai diwarnai oleh rasa ingin. Saya dalam posisi kalau diminta saya bersiap,” kata Sudirman.

Mantan Co-Kapten Timnas Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) pada Pilpres 2024 ini menyebut, minat maju Pilkada muncul karena ingin membenahi Jakarta. Meski begitu, dia sepenuhnya menyerahkan keputusan diusung maju ata tidak kepada parpol.

“Kalau saya, partai silakan memutuskan, saya menyediakan diri, kalau ditanya apakah berminat ya tentu saja karena saya ingin tadi ingin membantu warga berbenah, pengen ngurus 40 persen warga paling bawah, pengen ikut menata kampung. Jadi lebih kepada dorongan untuk berkonstribusi,” jelas Sudirman.

Adapun nama Sudirman sendiri masuk radar sejumlah parpol untuk Pilkada Jakarta 2024, semisal, Partai NasDem dan Partai Demokrat. Dia dinilai punya kans, sehingga dipertimbangkan untuk diusung maju Pilkada Jakarta 2024.

“Jadi yang terjadi beberapa hari ini adalah sikap keterbukaan dari para partai yang tentu saja masih perlu waktu untuk menunggu proses formal. Dan saya menyadari proses formal itu lebih rumit,” ucap Sudirman.

“Masing-masing partai punya mekanisme dan bila waktunya tiba saya harus mengikuti itu, ya saya harus mengikuti. Dan apapun keputusan partai kita hormati,” lanjutnya.