Jakarta, ERANASIONAL.COM – Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) memastikan pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 secara umum berjalan kondusif.

Kemenko Polhukam pun akan mengawal Pemilu 2024 hingga tuntas termasuk tahapan rekapitulasi penghitungan suara yang dijadwalkan selesai pada 20 Maret 2024 mendatang.

“Hasil pemantauan dan monitoring, tahapan Pemilu secara keseluruhan masih berjalan dengan baik,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri Kemenko Polhukam, Mayjen TNI Heri Wiranto di Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Heri mengungkapkan, pihaknya bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan terus memantau tahapan pemilu hingga batas waktu perhitungan suara terakhir pada 20 Maret mendatang.

Kemenko Polhukam, kata dia, memastikan proses rekapitulasi berjalan lancar dengan terus berkoordinasi dengan kementerian maupun lembaga terkait.

“Kami akan terus memantau dan mengawal proses pemilu ini agar berjalan dengan baik. Kalau ada temuan-temuan pelanggaran yang harus diselesaikan, tentu ada kewenangan di masing-masing lembaga sesuai UU Pemilu,” tandas Heri.