Solo, ERANASIONAL.COM – Wali Kota Solo sekaligus cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka enggan berkomentar banyak terkait nama sang adik Kaesang Pangarep masuk bursa kandidat calon wali kota Solo 2024. Ia menyerahkan penilaian terhadap pantas tidaknya Kaesang maju Pilwakot Solo pada warga.

“Ya itu nanti yang menentukan warga ya. Yang mendukung, yang menilai, yang menentukan itu warga bukan kakaknya,” kata Gibran di Solo, Kamis (13/3/2024).

Terkait PSI dan partai pengusungnya yang mendukung masuknya nama Kaesang ke bursa kandidat cawalkot Solo tersebut, dia meminta agar hal itu ditanyakan langsung pada Kaesang. Namun saat ditanya apakah dirinya tidak takut jika Kaesang maju sebagai cawalkot Solo maka akan semakin gencar anggapan politik dinasti, ia langsung melarang adiknya maju dalam kontestasi Pilwakot Solo 2024.

Di sisi lain, Gibran menegaskan tak ada pembicaraan khusus terkait hal itu dengan sang adik sampai saat ini.

“Tanya PSI, (dikira dinasti) Ya wis rasah wae (yaudah nggak usah aja),” jelasnya.
Dia juga menyebut selama ini tidak ada obrolan mengenai Kaesang yang akan maju Pilkada Solo 2024. “Nggak ada obrolan. Bisa atau tidaknya ya sekali lagi warga yang menentukan warga yang menilai. (yang bisa mpimpin Solo?) Yang penting punya komitmen untuk membangun kota Solo,” ungkapnya.

Gibran juga berharap pemimpin Solo setelah dirinya mampu meneruskan program-programnya yang telah berjalan saat ini. Termasuk mengisi kekurangan dari programnya.

“Yang jelas bisa melanjutkan Program program yang ada sekarang memperbaiki kekurangan yang ada kekurangan di masa saya. Selebihnya tetep kita pengen solo menjadi kota budaya,” ujarnya.