Jakarta, ERANASIONAL.COM – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sepakat membentuk Panitia Kerja Khusus (Pansus) Kecurangan Pemilu 2024 pada Sidang Paripurna ke-9, hari ini. Ketua DPR La Nyalla Mahmud Mattalitti mengetok palu usai mendapat laporan dari Komisi I tentang dugaan pelanggaran selama masa kontestasi politik tersebut.

“Komite I yang membidangi soal Pemilu sudah menyatakan sikap terkait kecurangan dalam Pemilu 2024, tetapi ada usulan untuk pembentukan Pansus,” kata La Nyalla saat memimpin sidang, Selasa (5/3/2024).

Anggota DPD dari Sulawesi Selatan, Tamsil Linrung, membacakan rekomendasi pembentukan pansus Pemilu 2024 yang diklaim berasal dari laporan masyarakat. Menurut dia, temuan dugaan pelanggaran ini tak hanya bisa ditindaklanjuti komite I seperti kepada Bawaslu.

Dia menilai, sejumlah pelanggaran bisa saja berkaitan dengan komite DPD lainnya. Bahkan, kecurangan pemilu yang berjalan secara masif tersebut merugikan sejumlah calon legislatif untuk mendapatkan keadilan selama kontestasi politik.