Jakarta, ERANASIONAL.COM – Pemungutan suara Pemilu 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia, berjalan lancar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengklaim seluruh pemilih terlayani dengan baik.

“Alhamdulillah laporan menunjukkan pemungutan suara di luar negeri berjalan baik dan lancar, dan memang yang jadi ‘concern’ itu Kuala Lumpur, kemudian Jeddah. Dan Alhamdulillah semua berjalan lancar,” kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari saat dikutip dari Antara, Minggu (11/2/2024).

Hasyim mengatakan dirinya ikut memantau persiapan pemilu yang dilakukan PPLN di World Trade Center (WTC) Kuala Lumpur. Persiapan yang dilakukan dinilai sudah maksimal.

Para pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) mendapat kesempatan menyalurkan hak suara pada pukul 08.00-18.00 waktu setempat. Sedangkan yang masuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) mulai dilayani dua jam sebelum TPS ditutup.

Dia menyampaikan pencoblosan yang dilakukan DPTb bersifat situasional. Jika pelaksanaan pemungutan suara DPT yang hadir sudah sepi, maka DPTb dan DPK sudah dapat melakukan pencoblosan.

“Intinya kalau masih ada surat suara yang tersedia. Tapi kalau kita perhatikan surat suara masih tersedia dan kalau lihat dari dalam meja-meja pendaftaran juga terlihat rapi,” ujar Hasyim.