Jakarta, ERANASIONAL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyiapkan segala strategi mengantisipasi cuaca buruk saat hari pemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari. Hal ini menghindari kerusakan surat suara.

Komisioner KPU Idham Holik mengatakan prakiraan cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) saat hari pemungutan suara sebagai informasi pendahuluan yang penting. Kotak suara yang terdapat surat suara dan logistik lain juga bakal dilapisi plastik untuk menghindari logistik pemilu dari tumpahan cairan, termasuk air hujan.

“Kotak suara yang berisikan logistik tidak hanya karton yang berlapiskan duplex, tapi juga akan dilapisi lagi dengan plastik untuk melindungi dari cairan seperti air hujan,” kata Idham kepada Media Indonesia, Kamis (8/2/2024).

Pelapisan kotak suara dengan plastik dilakukan saat dikirim dari panitia pemungutan saura (PPS) di tingkat kelurahan ke tempat pemungutan suara (TPS). Kondisi serupa saat kontak suara dikembalikan ke kelurahan setelah penghitungan suara.