JAKARTA, Eranasional.com – Lembaga survei Indo Barometer merilis hasil survei terbaru Pilpres 2024. Hasilnya, Pilpres 2024 kemungkinan akan berlangsung satu putaran saja.

“Mencermati hasil survei kali ini tidak menutup kemungkinan Pilpres 2024

berlangsung satu putaran saja,” kata Indo Barometer dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/11/2023).

Siapa pemenangnya? Hasil survei menyebutkan pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka meraih dukungan suara 43,5%. Sementara, Ganjar Pranowo-Mahfud MD meraih dukungan suara 33,3%, dan Anies Baswedan-Cak Imin 23,2%.

Indo Barometer menyampaikan temuan mayoritas lembaga survei yang menyelenggarakan survei pasca deklarasi tiga pasangan capres dan cawapres menemukan pola yang sama, yakni tren penguatan suara pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Khususnya jika dilihat dari tren waktu, yakni perbandingan survei akhir Oktober dan awal November 2023. Temuan dan pola ini memperkuat tesis potensi satu putaran dalam Pilpres 2024.

Survei nasional dilakukan Indo Barometer pada 25-31 Oktober 2023. Survei dilaksanakan di 38 provinsi dengan jumlah sampel sebanyak 1.230 responden, dengan margin of error sebesar + 2,79% pada tingkat kepercayaan 95%.

Responden survei adalah warga negara Indonesia (WNI) yang telah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu minimal berusia 17 tahun atau lebih atau sudah menikah pada saat survei dilakukan. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling. (*)