Jakarta, ERANASIONAL.COM – Bakal calon gubernur (cagub) Jakarta 2024 Ridwan Kamil (RK) memiliki cara untuk mengatasi masalah polusi udara di Jakarta.

Dia mengaku akan mengusulkan untuk menghentikan atau mengkonversi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berbasis batubara.

“Mengonversi dan menghentikan PLT yang berbasis batubara. Tapi kewenangannya ada di pemerintah pusat. Tapi nanti sebagai gubernur, kita mengupayakan lobi-lobi itu,” kata RK di FX Sudirman, Jakarta, Minggu (15/9/2024)

Formula lain yang ditawarkan RK yaitu membatasi wilayah pergerakan yang dapat menyumbang polusi dari kendaraan. Misalnya, wilayah perkantoran atau mal tidak hanya di pusat Jakarta.

“Gimana ngurangin pergerakan? Tadi yang rencana lima tahun, memperbanyak izin hunian di tengah, memperbanyak izin perkantoran di luar tengah kan. Sehingga orang selatan tinggal di selatan, ngemal di selatan. Itu sudah ngurangin polusi,” jelas RK.

Mantan Gubernur Jawa Barat itu menargetkan polusi di Jakarta akan berkurang dalam lima tahun. Pada tahun pertama jika terpilih, dia berencana menambah jumlah pohon.

“Kita target tiga kali lipat jumlah pohon dihadirkan dalam tahun-tahun pertama. Tidak hanya di jalan, tapi di atap-atap gedung,” pungkas dia.