Jakarta, ERANASIONAL.COM – Anggota DPRD Jawa Tengah termuda, Muh Rizqi Iskandar Muda (22), mengaku menunda kuliah demi Pemilu 2024. Ia absen kuliah karena kesibukannya itu.

Rizqi merupakan kader Partai Gerindra. Saat maju pileg ia masih berstatus mahasiswa Hubungan Internasional (HI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Tindakan Rizqi sempat diungkap di media sosial. Ia disebut kerap tidak masuk kuliah, tidak mengerjakan tugas, hingga mengerjakan tugas menggunakan Chat GPT. Rizqi yang mengetahui hal itu lalu meminta maaf kepada teman-temannya. Ia mengakui kesalahannya.

“Mohon maaf pada teman-teman saya juga. Mungkin merasa terzalimi karena saya sendiri,” kata Rizqi saat menghadiri deklarasi tim pemenangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin di MAC Ballroom Semarang, Sabtu (7/9/2024).

Permasalahan ini menurut Rizqi disebabkan karena dia tidak mengambil cuti kuliah saat Pemilu 2024. Padahal, kegiatannya sangat padat karena juga sibuk kampanye.

“Memang mungkin salah saya juga kemarin semester 4 saya enggak ambil cuti. Coba kalau ambil cuti pasti enggak masalah. Tidak murni salah saya, tapi mau gimana lagi. Saya tetap bayar kuliah. Mungkin kemarin memang sangat sibuk urusan pemilu. Makanya kuliah tertinggal,” jelas dia.

Rizqi kini telah resmi dilantik sebagai anggota DPRD Jateng. Ia berencana akan berkonsultasi dengan pihak kampus terkait perkuliahannya itu agar bisa berjalan bersamaan dengan tugasnya sebagai wakil rakyat.