Jakarta, ERANASIONAL.COM – Bakal calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil berencana membuat program festival antarkampung untuk mengatasi tawuran yang masih menjadi masalah di Jakarta secara humanis.

“Tawuran kita selesaikan dengan komunikasi festival budaya antar anak kampung. Cara-cara kemanusiaan inilah yang mungkin selama ini belum ada akan kami hadirkan, “ kata Ridwan Kamil dikutip dari Kumparan, Minggu (1/9/2024).

Tidak hanya festival, RK juga bakal membuat Car Free Night sebulan sekali. Sehingga kegiatan malam warga Jakarta menjadi lebih produktif dan bisa meningkatkan pendapatan UMKM.

“Kita akan ada Car Free Night malam hari sebulan sekali. Supaya UMKM di wilayah antar-kampung kita promosi dengan bazar malam,” kata mantan Gubernur Jawa Barat itu.

Masih konsisten dengan pendekatan humanisnya membenahi Jakarta, RK akan mengadopsi program kerjanya selama menjabat sebagai Wali Kota Bandung dulu, yakni mobil curhat.

“Kita ada program membahagiakan seperti itu, kita sedang mempersiapkan namanya mobil curhat. Sebuah kendaraan isinya konsuler, psikiater diperbanyak di mana-mana, sehingga kesehatan mental orang stres bisa curhat yang selama ini mungkin curhatnya ke HP via IG story,” katanya.

Saat masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung, RK membuat program Kekasih atau Kendaraan Konseling Silih Asih. Kendaraan yang dipakai adalah mini truck yang berkeliling di pusat kota dan sejumlah titik strategis yang menjadi area berkumpul warga.