Jakarta, ERANASIONAL.COM – Beredar kabar Anies Baswedan bakal maju di pemilihan gubernur Jawa Barat.

Publik mulai menyanding-nyandingkan Anies dengan calon dari PDIP. Anies-Ono Surono
Ono ini adalah Ketua DPD PDIP Jabar. Nama Anies semakin ramai manakala Ono menyebut kalau Cagub PDIP bukan kader partai.

“Calonnya akan menjadi kejutan, belum tentu juga kader PDI Perjuangan, tapi kita pasangkan bisa saja juga dengan partai lain, tapi kejutan lah, nunggu saja” kata Ono kepada wartawan di DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Kamis (29/8/2024).

Ono memang dipanggil khusus ke Jakarta untuk bicara soal Cagub Jabar.

Tapi omongan Ono ini tak detail, apakah benar Anies atau bukan. Seorang petinggi PDIP bahkan menepis isu Anies akan ditarik PDIP. Malahan ada nama Sandiaga Uno dan Susi Pudjiastuti.

Petinggi PDIP yang tak mau disebut namanya itu juga bahkan menyebut Anies digaet partai lain.

Soal Pilgub Jabar ini, Sandiaga sudah memberikan pernyataan dia memilih menjadi rakyat saja. Sedang Susi yang dikonfirmasi kumparan, Kamis (29/8/2024) menyampaikan tidak pernah ada komunikasi.
Kembali ke soal nama Anies, saat ini hanya PKB dan PDIP yang belum mengusung calon. Masing-masing partai ini bisa mengajukan calon.

Ada kabar juga kedua partai ini akan berkoalisi, namun belum bisa dipastikan.

Anies sendiri belum bisa dikonfirmasi, pria kelahiran Kuningan, Jawa Barat itu pada Kamis pagi hingga siang memantau di kediaman Anies di Lebak Bulus, tak terlihat ada aktivitas. Kuat dugaan Anies berada di luar rumah.