Jakarta, ERANASIONAL.COM – Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi resmi dideklarasikan sebagai cagub dan cawagub di Pilgub Banten 2024 mendatang. Duet tersebut diusung oleh PDIP.

Deklarasi itu digelar di Hall 1 ICE BSD, Tangerang, Banten, Minggu (25/8/2024). Airin merupakan kader Partai Golkar. Sementara, Ade Sumardi merupakan kader dari PDIP. Akan tetapi, dalam Pilgub Banten ini, Airin justru tak mendapatkan rekomendasi atau SK dari partainya, Golkar.

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah menyampaikan dukungan yang diberikan kepada Airin-Ade merupakan hasil penjajakan yang telah berjalan selama kurang lebih 2 bulan.

Ia menyebut, penjajakan terus dilakukan di tengah dinamika politik yang terjadi, khususnya di Partai Golkar. Bahkan, deklarasi awalnya telah sempat diagendakan. Namun, justru terus tertunda.

“Politik adalah momentum, momentum rakyat, momentum mahasiswa bersama-sama untuk memperbaiki jalannya kehidupan berbangsa dan bernegara kita, maka ini adalah momentum terbaik untuk Ibu Airin dan Pak Ade untuk deklarasi,” kataBasarah dalam orasi politiknya, di ICE BSD, Tangerang, Banten, Minggu (25/8).

Airin yang memang direncanakan akan diduetkan dengan Ade Sumardi sempat santer beredar kabar bahwa keduanya batal berlayar di Pilgub Banten.

Akan tetapi, usai adanya putusan MK yang mengubah aturan UU Pilkada terkait syarat ambang batas calon, hal itu pun memungkinkan PDIP untuk mengusung calonnya sendiri di Pilgub Banten.

“Sejatinya hari ini adalah deklarasinya rakyat Banten untuk memilih pemimpinnya sendiri, untuk menentukan nasibnya sendiri, untuk menentukan masa depannya sendiri. Itulah makna kemerdekaan. Bebas dari perasaan takut dan dikekang, dan lain sebagainya,” kata dia.

Akan tetapi, lanjutnya, pemberian SK dan rekomendasi kepada Airin-Ade akan langsung diserahkan oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Basarah mengungkapkan bahwa Airin nantinya akan diundang untuk datang langsung ke DPP PDIP sekaligus pemberian rekomendasi secara resmi oleh Megawati. Hal itu juga bersamaan termasuk dengan calon yang diusung PDIP di Jakarta.