Jakarta, ERANASIONAL.COM – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) telah menandatangani surat untuk kembali maju sebagai Ketum PAN periode 2024-2029.

Kabar ini dibenarkan Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi. Dia mengatakan Zulhas nantinya akan dipilih secara aklamasi dalam Kongres PAN.

Proses penandatanganan maju sebagai Ketum PAN itu dilakukan di rumah dinas Zulhas di kompleks Widya Chandra, Jakarta, Jumat (23/8/2024), yang dihadiri oleh Steering Committee Kongres PAN. Zulhas akan dipilih secara aklamasi karena telah mengantongi dukungan dari 38 DPW dan 514 DPD.

“Bang Zulhas telah tanda tangan di atas meterai. Dengan demikian, sah sebagai calon ketum yang nanti akan dipilih secara aklamasi, secara mufakat, bulat, tidak lonjong,” kata Viva Yoga.

“Karena 38 DPW dan 514 DPD sepakat bulat, meminta agar saudaraku Bang Zulhas menghibahkan waktu, tenaga, pikiran, untuk memimpin kami, kader-kader PAN seluruh Indonesia periode 2024-2029,” tambahnya.

Viva mengatakan ada dua persyaratan yang harus dipenuhi Zulhas, yakni persyaratan umum dan syarat khusus. Dirinya menyebut Zulhas telah memenuhi kedua syarat tersebut.

“Seluruh persyaratan dapat disimpulkan Zulhas memenuhi persyaratan untuk dicalonkan caketum 2024-2029,” sebutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Zulhas mengatakan menjadi ketum adalah tugas yang berat. Terutama di tengah situasi politik saat ini.

“Tentu ini tugas berat ya, satu amanah yang besar di tengah situasi partai politik yang sekarang seperti ini, tapi saya meyakini tugas berat tapi tujuan kita mulia,” kata Zulhas.

Zulhas meyakini tugas berat itu akan bisa dilalui dengan kerja sama. Dirinya juga meminta struktur PAN agar tetap kompak.

“Dan ini bisa saya yakin, hakulyakin, kalau kita bareng-bareng. Kebebasan itu kan cara untuk mencapai tujuan, jadi tujuan sebetulnya itu keadilan, kesetaraan, kemajuan,” katanya.