Jakarta, ERANASIONAL.COM – Bahlil Lahadalia terpilih hadi Ketua Umum Partai Golkar secara aklamasi dalam Munas ke-XI Partai Golkar, Selasa (20/8/2024). Penetapan Bahlil secara resmi baru akan dilakukan pada Rabu (21/8/2024).

Keputusan itu diambil lewat sidang yang dipimpin Waketum Partai Golkar Adies Kadir. Dia mengatakan, dukungan terhadap Bahlil mencapai 100 persen.

“Hampir bahkan 100 persen seluruh DPD dan DPD II telah memberikan dukungan kepada saudara Bahlil Lahadalia, dan kemudian memberikan Bahlil untuk menjadi formatur tunggal,” kata Adies dalam sidang di JCC, Senayan, Jakpus, Selasa (20/8/2024).

Keputusan itu juga dinyatakan telah sesuai dengan AD/ART partai. Adies menyebut, seorang dapat dinyatakan keluar sebagai pemenang jika memperoleh 50 persen plus 1 dari pemegang hak suara.

“Oleh karena itu saya bacakan ADRT kita berdasarkan bunyi pasal 27 ayat 1 huruf b poin f petunjuk pelaksanaan DPP partai Golkar nomor jutlak 02 dpp golkar/20/2020 tentang secara umum musyawarah dan rapat-rapar partai Golkar ditegaskan apabila terdapat calon yang memperoleh dukungan 50 persen plus 1, dari pemegang hak suara langsung dinyatakan sebagai ketua umum atau ketua formatur,” sambungnya.