Jakarta, ERANASIONAL.COM – Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus memberi dukungan kepada Ahmad Luthfi dan Kaesang Pangarep di Pilgub Jateng 2024.

Ketua DPP Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan bahwa keputusan ini telah didiskusikan sejak pertemuan Surya Paloh dengan Prabowo Subianto pada Kamis (15/8/2024) lalu.

“Ya, kita dengan Nasdem sama-sama. Nasdem itu kan masuk di KIM Plus. Sebagai apa yang dilakukan kawan-kawan di NasDem sudah dikoordinasikan pada saat bang Surya Paloh bertemu Pak Prabowo beberapa waktu lalu, “ kata Dasco di Pelataran Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2024).

Dasco menyebut, KIM Plus akan mengikuti skema yang telah disepakati bersama NasDem, termasuk mendukung paslon Luthfi-Kaesang di Jawa Tengah.

“KIM Plus akan bersama-sama mengikuti skema yang sudah kita sepakati termasuk dengan NasDem untuk mengusung calon di Jawa Tengah,” lanjutnya.

Sebelumnya, Partai NasDem telah memberikan surat B1KWK kepada Calon Gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthfi di NasDem Tower, Senin (19/8/2024).

“Atas nama Ketua Umum Partai NasDem, Bapak Surya Paloh hari ini Senin 19 Agustus 2024 secara resmi kami dari Partai NasDem menyerahkan surat keputusan sebagai pengusung dan pendukung Bapak Luthfi sebagai Calon Gubernur Jateng dan Bapak Kaesang Pangarep sebagi Calon Wakil Gubernur Jateng,” kata HM Prasetyo, Ketua Dewan Pertimbangan DPW NasDem Jateng.

Serah terima surat ini hanya dihadiri oleh Ahmad Luthtfi. Sementara Kaesang tidak terlihat dalam seremoni tersebut.
Terlihat juga beberapa elite NasDem pada seremoni penyerahan tersebut, seperti Lestari Moerdijat, Sugeng Suparwoto, dan Amelia Anggraini.
Sehingga total dukungan untuk pasangan Luthfi-Kaesang hingga saat ini berasal dari Gerindra, Golkar, PAN dan NasDem.