Jakarta, ERANASIONAL.COM – Partai Amanat Nasional (PAN) melalui Sekjennya, Eddy Soeparno, mengungkapkan bahwa Koalisi Indonesia Maju (KIM) kompak akan mengusung eks Kapolda Jateng, Ahmad Luthfi, sebagai calon gubernur di Pilkada Jateng. Kendati begitu, untuk nama wakilnya masih akan didiskusikan di internal KIM.

“KIM akan kompak mengusung Pak Luthfi. Wakilnya siapa, ya itu kita akan rembuk lagi nanti,” kata Eddy kepada wartawan usai menghadiri acara Milad PBB ke-26 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (3/8/2024).

Saat disinggung nama Ketum PSI Kaesang Pangarep untuk dipasangkan dengan Luthfi, Eddy tak menampik bahwa putra bungsu Jokowi itu juga termasuk nama yang dipertimbangkan. Ia juga menyinggung soal elektabilitasnya yang cukup tinggi di Jateng.

“Kaesang kan juga bagian dari KIM, jadi saya kira wajar saja kalau namanya disebut,” tuturnya.

“Semua kader di dalam KIM tentu kita jadikan prioritas, kita akan bahas. Nanti seperti apa, saya kira itu biarlah ketua-ketua umum berdiskusi,” imbuhnya.

Sebelumnya, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani mengumumkan Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur Jawa Tengah pada Pilkada 2024.

“Kemudian Jawa Tengah, Pak Prabowo putuskan adalah Irjen Pol Drs Haji Ahmad Luthfi menjadi calon gubernur Provinsi Jawa Tengah,” kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/7/2024).

Muzani mengatakan, nama Ahmad Luthfi adalah nama yang dipilih langsung oleh Ketum Gerindra Prabowo Subianto.