Jakarta, ERANASIONAL.COM – Partai Golkar resmi mengeluarkan 10 surat keputusan (SK) untuk pilkada provinsi dan 21 SK untuk pilkada kabupaten/kota. SK ini digunakan untuk mengusung calon kepala daerah pada Pilkada serentak 27 November mendatang.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Golkar Lodewijk F. Paulus mengungkapkan, surat keputusan merupakan penetapan final dari partai setelah mempertimbangkan serangkaian faktor, termasuk survei-survei internal.

“Surat keputusan ini sifatnya final dan mengikat, dan itu menjadi persyaratan untuk diajukan ke KPU (Komisi Pemilihan Umum) ataupun KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) setempat,” kata Lodewijk dalam konferensi pers dikutip Jumat (19/7/2024).

Dari daftar nama pasangan calon itu, Partai Golkar memasangkan kader-kadernya dengan kader dari partai lain, misalnya Surya, yang merupakan calon wakil gubernur di Sumatera Utara mendampingi menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution dari Partai Gerindra.

Kemudian, ada juga Rohidin Mersyah sebagai calon gubernur Provinsi Bengkulu juga berpasangan dengan Meriani, kader Partai Gerindra.

Berikut 10 bakal paslon Pilkada yang Diusung Golkar:

Sumatera Utara: M Bobby Afif Nasution-Surya
Riau: Syamsuar-Mawardi
Bengkulu: Rohidin Mersyah-Meriani
Kalimantan Timur: Rudy Mas’ud-Seno Aji
Kalimantan Selatan: Raudatul Jannah-Akhmad Rozanie Himawan
Kalimantan Barat: Sutarmidji-Ria Norsan
Kalimantan Utara: Zainal Arifin Paliwang-Ingkong Ala
Papua Pegunungan: John Tabo-Ones Pahabol
Papua Barat Daya: Lambertus Jitmau-Samsudin Anggalilu
Jawa Timur: Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak