Jakarta, ERANASIONAL.COM – Sejumlah Dewan Perwakilan Wilayah Partai Amanat  (DPW PAN) dipastikan memberikan dukungan kepada Zulkifli Hasan (Zulhas) untuk kembali menjadi Ketua Umum PAN.

Dukungan tersebut diserahkan pada acara rapat kerja nasional (Rakernas) PAN ke-4 pada Sabtu (29/6/2024).

“21 DPW sudah menyerahkan, sekarang 17 DPW,” kata Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto kepada wartawan di sela cara Rakernas PAN.

“Para-para ketua DPW yang waktu Rakornas belum sempat menyerahkan dukungan secara bulat, waktu itu bukan belum membawa surat dukungan, tapi karena Ketua (Zulhas) mau ke Peru, ini kita tunda sebagian,” sambungnya.

Surat dukungan dari DPW tersebut langsung diterima oleh Zulhas secara simbolik dengan menerima map berlogo PAN.

“Mohon Ketum langsung menerima dukungan tertulis dari seluruh DPW, dukungan tertulis untuk meminta Ketum kembali memimpin PAN, lanjutkan,” ucapnya.

Sebelumnya, Sekjen PAN, Eddy Soeparno menyatakan bahwa seluruh pengurus PAN setuju untuk Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan maju kembali menjadi Ketua Umum di periode selanjutnya.

“Mungkin saudaraku teman-teman sekalian sudah mengetahui, karena sudah menjadi konsumsi publik dan sudah diberitakan ramai di publik, bahwa agenda kongres kita alhamdulillah itu sudah sepakat menyatu bulat agenda kongresnya, yaitu untuk menetapkan Pak Zulkifli Hasan Ketua Umum kita untuk menjabat periode berikutnya untuk 5 tahun,” ujar Eddy dalam konferensi pers, Kamis (27/6/2024).

Menurut Eddy, penetapan ini sudah melalui persetujuan serta aspirasi dari para kader PAN tingkat cabang, provinsi hingga ke pusat, untuk selanjutnya dapat dijadikan agenda Kongres ke-6 PAN.

“Jadi inilah bentuk dari demokrasi PAN yang kita mendengarkan, menyerap, dan melaksanakan aspirasi dan keinginan akar rumput sampai dengan di pusat untuk kita kemudian putuskan melalui mekanisme demokrasi juga, yaitu kongres,” pungkas Eddy.