Jakarta, ERANASIONAL.COM – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan melakukan kunjungan kerja ke China pekan depan. Kunjungan kerja itu dilakukan untuk memperkuat hubungan bilateral antar kedua negara.

Hal ini dibenarkan Kabiro Humas Setjen Kemhan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha. Ini juga sekaligus kunjungan luar negeri pertana Prabowo pasca-Pemilu 2024.

“Perlu Kami sampaikan bahwa Menteri Pertahanan Bapak Prabowo Subianto memang memiliki agenda untuk melakukan kunjungan resmi ke Republik Rakyat China dalam waktu dekat,” kata Edwin kepada wartawan, Sabtu (30/3/2024).

Mengutip dari detik.com Edwin menyebut kunjungan kerja itu bagian dari keberlanjutan komitmen kedua negara untuk mewujudkan kerja sama strategis.

“Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kedua negara dalam memperkuat dialog dan kerja sama strategis, yang sangat penting bagi keamanan dan stabilitas regional,” ucapnya.

Sebelumnya, kabar Prabowo akan ke China itu disampaikan langsung oleh Kementerian Luar Negeri Beijing. Dilansir AFP, Jumat (29/3/2024) kunjungan ini menjadi kunjungan pertama bagi Prabowo sejak proses pemilihannya di pemilu. Kunjungan ini disebut atas undangan Presiden Xi Jinping.

Baca: Sidang Pilpres RI di MK Disorot Media Asing, Bahas Anies-Ganjar
Prabowo yang akan mulai menjabat pada akhir tahun ini, akan mengunjungi China pada Minggu hingga Selasa, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Hua Chunying.

Xi Jinping juga mengucapkan selamat kepada Prabowo atas kemenangannya dalam pemilu. China disebutkan adalah salah satu sumber investasi asing langsung terbesar di Indonesia.