Jakarta, ERANASIONAL.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut akan turut menentukan siapa saja yang akan masuk dalam kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Selain Jokowi, para ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju juga akan dilibatkan.

Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Drajad Wibowo mengatakan semua ketua umum partai politik maupun pendukung Prabowo-Gibran akan terlibat dalam penyusunan struktur kabinet mendatang.

Partai-partai tersebut adalah Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, Partai Garuda, Partai Prima, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

“Mereka akan memutuskan nama-nama menteri nanti. Setelah itu akan kelihatan berapa (jatah) dari parpol, berapa nonparpol, dan sebagainya,” ujar Drajad, Jumat, 24 Februari 2024.

Soal Jokowi, ungkap Drajad, Jokowi nantinya tidak hanya dilibatkan dalam penyusunan postur kabinet di pemerintahan Prabowo-Gibran. Tetapi, juga akan diberikan peran dalam menentukan arah kebijakan pemerintahan yang akan datang.

Politisi PAN ini menyebutkan, tingginya popularitas menjadi alasan mengapa Jokowi diberi peran begitu signifikan di pemerintahan Jokowi-Gibran.

“Jadi dengan peranan yang begitu besar, apalagi Mas Gibran adalah Wakil Presiden, saya rasa wajar kalau beliau mempunyai peranan yang signifikan nanti dalam pembentukan pemerintahan maupun kebijakan yang akan datang,” ungkap Drajad.