Jakarta, ERANASIONAL.COM – Belasan tim sukses (timses) calon legislatif (caleg) memanfaatkan layanan konsultasi kesehatan mental di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Sari, Jakarta Barat (Jakbar), pasca Pemilihan Umum (Pemilu).

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Seksi Pelayanan medik RSUD Taman Sari, Ngabila Salama. Ia menyebutkan sebanyak 11 anggota tim sukses caleg datang ke RSUD Taman Sari untuk konsultasi kesehatan mental.

“Dari kuota 100 pasien sudah terpakai 85, sebanyak 11 diantaranya adalah dari anggota tim sukses caleg ,” kata Ngabila, dilansir dari Antara, Selasa (20/2/2024).

Selain timses caleg, dari 85 pasien yang memakai layanan konsultasi mental, ada juga 4 petugas KPPS. Sementara itu sisanya merupakan ibu rumah tangga, ASN, mahasiswa, tenaga kesehatan, dan masyarakat yang tidak bekerja.

Ngabila menjelaskan, pihak RSUD telah bekerja sama dengan Rumah Sakit Jiwa Soeharto Heerdjan Grogol dan Puskesmas Taman Sari. Adapun layanan yang diberikan antara lain penyuluhan kesehatan jiwa dan tes gratis untuk mendeteksi gangguan awal kejiwaan.

“(layanan tersebut) terutama ditujukan kepada petugas KPPS, caleg, tim sukses, partisan pemilu, dan lainnya,” beber Ngabila.

Pemeriksaan dilakukan menggunakan dua unit alat heart rate variability (HRV) milik Rumah Sakit Jiwa Soeharto Heerdjan Grogol. Alat ini mampu melakukan pemeriksaan selama tiga menit per orang. Sedangkan hasilnya akan disampaikan oleh psikolog klinis dan psikiater RS Jiwa Soeharto Heerdjan Grogol.

Pasien yang mengalami keluhan ringan dan terkontrol hanya akan diberikan perawatan sampai sembuh, yaitu sekitar tiga sampai lima hari. Untuk pasien dengan gangguan lebih berat akan dirujuk ke rumah sakit dengan fasilitas lebih lengkap.

“Pada gangguan lebih akut dan berat akan dirujuk ke rumah sakit yang lebih tinggi dan fasilitas lengkap dan fasilitas rawat inap lebih lengkap, seperti RS Jiwa Soeharto Heerdjan Grogol dan RSKD Duren Sawit,” terang Ngabila.

Sementara itu, layanan pemeriksaan kesehatan jiwa ini dibuka pada Senin-Sabtu pukul 12.00-21.00 WIB sesuai jadwal praktik psikiater. Pihaknya juga menyediakan layanan gratis untuk rujukan BPJS Kesehatan dan FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama).