Jakarta, ERANASIONAL.COM – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri hari ini, Selasa, 23 Januari 2024 berulang tahun ke-77.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan perayaan ulang tahun Presiden RI ke-5 itu digelar secara sederhana.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, ulang tahun Ibu Megawati diadakan secara sederhana dan dihadiri oleh keluarga dan sahabat dekat saja,” kata Hasto dalam keterangannya secara tertulis, Selasa, 23 Januari 2024.

Meski begitu, lanjut Hasto, seluruh anggota dan kader PDIP ikut merayakan ulang tahunnya dengan menggelar kegiatan kebudayaan secara daring melalui kanal Badan Kebudayaan Nasional PDIP.

Dia mengungkapkan, ada banyak video ucapan ulang tahun yang dikirimkan dari tokoh-tokoh baik dari dalam maupun luar negeri yang akan ditayangkan dalam kanal tersebut.

Menurut Hasto, banyak yang mengapresiasi keteguhan sikap Megawati dalam menjaga demokrasi sehingga memberikan konsekuensi pada Pemilu 2024 tahun ini.

“Akibat sikap ibu Mega dan PDIP menolak perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode memberikan konsekuensi dalam Pemilu 2024, namun kokohnya ibu Mega terhadap konstitusi itulah yang menjadikan beliau tampil sebagai penjaga demokrasi,” ujarnya.

Selain itu, Hasto mengatakan, jajaran pengurus partai juga akan membagi-bagikan nasi tumpeng kepada rakyat sebagai simbol gembira dan ungkapan syukur atas ulang tahun Megawati.

“Di beberapa wilayah dilakukan penghijauan sebagai bagian dari merawat Ibu Pertiwi yang menjadi tradisi keseharian Ibu Megawati yang dikenal suka tanaman dan selalu merawat lingkungan hidup, termasuk sebagai Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia,” pungkas Hasto.

Pertanyaannya, apakah Megawati akan mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi)?

Ucapan Selamat Ulang Tahun dari Prabowo

Menteri Pertahanan (Menhan) yang juga capres nomor urut 2, Prabowo Subianto memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada Megawati Soekarnoputri.

“Hari ini ya?” tanya Prabowo di Pondok Pesantren Al Anwar, Bangkalan, Madura, Jawa Timur. “Iya pak,” timpal awak media.

Prabowo pun memberikan ucapan selamat. “Tentunya kita ucapkan selamat ulang tahun kepada Ibu Megawati Soekarnoputri,” ucap Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra ini mendoakan semoga Megawati panjang umur dan sehat selalu.

“Semoga panjang umut, sehat selalu. Diberi kesehatan dan kebaikan oleh Yang Maha Kuasa,” ujarnya. (*)