Jakarta, ERANASIONAL.COM – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sepertinya sedang menyindir Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia mengingatkan bahwa memiliki kekuasaan memang sangat enak, tapi jangan sampai lupa diri sehingga lupa turun.

Pesan ini disampaikan Megawati dalam acara perayaan Natal PDIP dan Relawan Damai Sejahtera for Ganjar-Mahfud (Reds) di Jakarta International Expo, Kamis, 18 Januari 2024.

“Kekuasaan itu enak. Tapi kalau sudah harus berhenti, ya berhenti, jangan lupa daratan. Itu cobaan, jangan lupa. Manusia selalu dicoba,” kata Megawati dikutip dari siaran persnya secara tertulis, Jumat, 19 Januari 2024.

Dia mengutip pepatah berbahasa Sansekerta ‘Satyam Eva Jayate’, yang dimaknainya bahwa tidak perlu takut dan menjadi lemah karena membela kebenaran, karena kebenaran pasti akan menang.

Menurut Presiden RI ke-5 ini, prinsip itu sangat penting untuk jadi pegangan, karena agama apa pun mengajarkan kepada umatnya bahwa manusia pasti selalu akan diberi cobaan. Akan tetapi, jalan kebenaran harus selalu menjadi pegangan dan jangan takut membela kebenaran.

“Sebagai manusia, kita selalu diberi cobaan. Semua agama mengajarkan seperti itu. Kita akan selalu dicoba untuk menjadi orang baik atau menjadi orang yang tidak baik,” ujarnya.

Megawati pun mengajak seluruh rakyat untuk berani memperjuangkan yang benar pada Pemilu 2024 karena rakyat yang akan merasakan hasil pemilu.

“Saya pikir, untuk memberi sebuah jalan penerangan kepada seluruh rakyat Indonesia, pemilu ini sebenarnya untuk Anda, bukan untuk siapa-siapa. Hak Andal yang menentukan siapa yang jadi pemimpin akan datang,” ujarnya.

“Hak rakyat untuk menang, jangan takut kepada intimidasi, jangan takut kepada kekuasaan karena kekuasaan tidak langgeng, yang langgeng adalah Allah SWT,” pungkas Megawati. (*)