Jakarta, ERANASIONAL.COM – Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) menyebut mayoritas anggota DPR RI sudah tidak fokus bekerja. Mereka sibuk nyaleg agar bisa terpilih kembali.

Peneliti Formappi, Y Taryono mengatakan, berdasarkan catatan Formappi sedikitnya 91 persen atau 521 anggota DPR RI periode 2019-2024 menyalonkan dirinya kembali pada Pemilu 2024.

“Ditambah, masa sidang II DPR periode 31 Oktober-5 Desember 2023 lebih banyak resesnya daripada bersidang,” kata Taryono dalam konferensi pers di Jakarta, Senin, 15 Januari 2024.

Hal ini, lanjut Taryono, berdampak pada kinerja anggota DPR yang semestinya mengurus persoalan rakyat.

“Keinginan untuk terpilih kembali di Pemilu 2024 mendorong para anggota DPR lebih fokus di daerah pemilihannya masing-masing. Kesibukan itu sudah pasti berdampak pada kinerja DPR umumnya,” ujarnya.

Lalu, Taryono menyinggung soal kinerja anggota DPR di masa sidang II lebih buruk dibandingkan dengan masa sidang sebelumnya di bidang legislasi.

Dia mencontohkan soal pengesahan RUU Prioritas di masa sidang II hanya satu RUU saja.

“Pada masa sidang sebelumnya, DPR berhasil mengesahkan dua RUU Prioritas. Pada masa sidang kedua ini hanya satu RUU Prioritas yang berhasil disahkan yakni Revisi UU ITE,” ujarnya.

Dengan begitu, dia menilai DPR gagal memelihara momentum dari masa sidang sebelumnya untuk meningkatkan jumlah RUU yang berhasil disahkan. (*)