Jakarta, ERANASIONAL.COM – Kubu capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD membuka peluang akan bekerja sama dengan kubu Anies-Muhaimin (AMIN) di putaran kedua jika berhadapan dengan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Jika melihat hasil beberapa lembaga survei, Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran. Kemungkinan berkoalisi sangat terbuka,” kata Ketua DPP PPP Achmad Baidowi, Jumat, 12 Januari 2024.

Namun, lanjut pria yang akrab disapa dengan panggilan Awiek ini, kubu Ganjar-Mahfud saat ini fokus untuk memenangkan pemilihan pada 14 Februari mendatang.

Sebelumnya, Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla berpendapat soal peluang koalisi antara kubu Ganjar-Mahfud dengan Anies-Muhaimin. Katanya, koalisi tersebut tergantung pada urutan pemenang partai politik dalam Pemilu 2024.

“Biasanya yang selalu bersatu itu partainya bukan di ranking dua atau tiga, dan mereka bikin koalisi baru. Saya saat maju di Pemilu 2004 kan banyak partai, ada koalisi baru dan saya tetap menang,” kata JK saat ditemui di kediamannya, Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Rabu, 10 Januari 2024.

Dengan begitu, sesepuh Partai Golkar ini berkeyakinan koalisi baru akan terbentuk tergantung keputusan parpol.

Menurutnya, parpol berhak menentukan arah partainya berlayar.

“Ya tergantung partainya masing-masing di arahkan kemana dan selalu begitu,” ucap JK. (*)