SEMARANG, Eranasional.com – Viral di media sosial foto baliho bergambar Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi berdampingan dengan capres-cawapres nomor dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Pada baliho tersebut tertulis kalimat SELAMAT DAN SUKSES.

Menanggapi itu, Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Richard Harison mengatakan Letkol Czi Slamet Riyadi tak pernah memerintahkan kepada siapa pun untuk membuat atau memasang baliho yang viral tersebut.

“Anggota kami masih tetap memegang teguh netralitas TNI dalam Pemilu 2024,” kata Richard saat dikonfirmasi, Kamis, 11 Januari 2024.

Sebenarnya, Richard mengaku sudah mendapat laporan dari warga perihal permasalahan baliho tersebut pada Selasa, 9 Januari kemarin.

Di hari yang sama, Letkol Czi Slamet Riyadi didampingi Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit telah memberikan klarifikasi ke Bawaslu setempat.

Inti dari klarifikasi itu, Slamet Riyadi merasa tidak pernah memerintahkan untuk memasang baliho tersebut.

Richard menjelaskan, dari hasil penelusuran yang lakukan, foto Letkol Czi Slamet Riyadi diambil oleh pelaku dari internet.

“Kemudian disandingkan dengan salah satu pasangan capres-cawapres yang dibawahnya diberikan tulisan ‘Selamat dan Sukses’,” ujar Richard. (*)