JAKARTA, Eranasional.com – PDIP ternyata memang tidak mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir di acara HUT PDIP ke-51.

PDIP menggelar acara HUT ke-51 di Sekolah Partai, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu, 10 Januari 2024.

Politikus PDIP Chico Hakim mengatakan alasan PDIP tidak mengundang Jokowi karena sang presiden melakukan lawatan ke luar negeri.

“Karena presiden ada kepentingan untuk pergi ke luar negeri sehingga kami tidak mengundang beliau,” kata Chico, Rabu, 10 Januari 2024.

Sebagai informasi, di hari yang sama, Presiden Jokowi memang melakukan kunjungan kenegaraan ke Filipina. Ia dijadwalkan bertemu Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr.

Chico menegaskan, PDIP menghormati agenda Presiden Jokowi tersebut. Dia menyebut, PDIP sudah mengetahui jadwal atau agenda kunjungan kenegaraan Jokowi ke luar negeri jauh hari sebelumnya.

“Kami menghormati agenda Presiden Jokowi yang memang sejak awal sebelum dilaksanakan acara ini,” tuturnya.

“Informasi soal kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi itu kami dapat dari pihak Istana,” sambung Chico.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi mengaku dirinya tidak mendapat undangan dari PDIP untuk menghadiri acara HUT ke-51 partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

Jokowi mengungkapkan itu saat ditanya kemungkinan dirinya datang ke acara HUT PDIP ke-51.

“Belum dapat undangan,” kata Jokowi saat memberikan keterangan di Gerbang Tol Limo Utama, Kota Depok, Senin, 8 Januari 2024.

Seperti diketahui, hubungan Jokowi dengan PDIP selaku partai yang mengusungnya sejak menjadi Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga Presiden RI dua periode dikabarkan merenggang akhir-akhir ini.

Keretakan hubungan itu usai putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka maju dalam Pilpres 2024 berpasangan dengan Prabowo Subianto.

Di sisi lain, PDIP mengusung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai capres-cawapres. (*)