JAKARTA, Eranasional.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menggelar forum adu gagasan soal pemberantasan korupsi.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan ketiga pasangan capres-cawapres sudah konfirmasi, dan menyatakan akan hadir.

“Informasi yang kami peroleh, ketiga pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden sudah mengkonfirmasi akan hadir,” kata Ali Fikri di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 9 Januari 2024.

Katanya, forum adu gagasan itu akan digelar di Gedung Merah Putih KPK.

Dia menjelaskan, program Penguatan Anti Korupsi (Paku) ini telah dijalankan KPK sejak tahun 2021. Hal ini guna menguatkan komitmen para pejabat untuk tidak korupsi.

“Paku Integritas merupakan program KPK sejak 2021 melalui Kedeputian Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat guna menguatkan komitmen antikorupsi para penyelenggara negara,” jelasnya.

Kata Ali lagi, program ini juga merupakan bagian dari pencegahan korupsi.

Terpenting, lanjut Ali, program ini digelar untuk menunjukkan komitmen para capres-cawapres dalam memberantas korupsi.

Dia mengatakan, KPK akan mengundang instansi penyelenggara Pemilu, KPU dan Badan Pegawas Pemilu (Bawaslu).

“Ini sebagai upaya membangun komitmen bersama dalam pemberantasan korupsi. Masing-masing akan diberi berkesempatan menyampaikan komitmennya,” jelas Ali Fikri.

“Hadir juga dari KPU dan Bawaslu. Karena dalam mengawal proses demokrasi, KPK juga memiliki agenda tentang ‘Hajar Serangan Fajar’ untuk mengawal proses demokrasi yang sedang berlangsung,” ungkapnya. (*)