JAKARTA, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sepertinya tidak akan hadir di perayaan HUT PDIP pada tanggal 10 Januari 2024 mendatang. Dia ke luar negeri.

Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana mengatakan Presiden Jokowi rencananya akan melakukan kunjungan ke sejumlah negara di kawasan ASEAN pekan depan.

Namun, dia belum dapat memastikan berapa lama Jokowi melakukan kunjungan.

Jika benar Jokowi melakukan perjalanan ke beberapa negara ASEAN, Ari menyatakan, maka kemungkinan tidak akan menghadiri acara HUT PDIP pada hari Rabu, 10 Januari 2024 pekan depan.

“Memang ada rencana kunjungan ke luar negeri, ke beberapa negara di ASEAN, tetapi kepastiannya nanti saya update.,” kata Ari di Gedung Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jakarta, Jumat, 5 Januari 2024.

Dia juga tidak dapat menjawab berapa kama Jokowi jika jadi melakukan perjalanan ke luar negeri.

ketika ditanya apakah Presiden Jokowi mendapatkan undangan untuk menghadiri acara HUT PDIP, Ari mengaku belum mengeceknya.

Namun, dia membantah jikalau Jokowi berpergian ke luar negeri adalah salah satu siasat agar ada alasan untuk tidak menghadiri acara HUT PDIP.

Sebab, setiap kegiatan kunjungan Presiden Jokowi baik di dalam negeri maupun luar negeri telah diatur sebelumnya.

Sebagai informasi, pada tanggal 10 Januari 2024 mendatang PDIP merayakan HUT ke-51.

Do tahun 2023 lalu, Jokowi hadir dalam acara perayaan HUT ke-50 PDIP. Saat itu, Jokowi duduk berdampingan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Sebagaimana diketahui, hingga saat ini hubungan Megawati dengan Jokowi renggang pasca putra sulung Jokowi maju sebagai cawapres pendamping Prabowo Subianto.

Jokowi sendiri mengesankan mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut dua, Prabowo-Gibran daripada Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang diusung PDIP, partai yang membesarkannya.

Tak hanya Jokowi saja, PDIP merasa juga yang mengusung Gibran sehingga terpilih menjadi Wali Kota Solo dan mengusung menantu Jokowi, Bobby Nasution menjadi Wali Kota Medan. (*)