JAKARTA, Eranasional.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Pusat memutuskan bahwah kegiatan cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka membagi-bagikan susu gratis di area car free day (CFD) Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta sebagai pelanggaran.

Ketua Bawaslu Jakpus Christian Nelson Pangkey menjelaskan bahwa kegiatan Gibran itu melanggar Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB).

“Bawaslu Jakpus merekomendasikan temuan adanya kegiatan pembagian susu oleh Gibran Rakabuming Raka kepada warga yang berada di wilayah car free day Jakarta Pusat sebagai pelanggaran hukum lainnya,” ucap Sonny Pangkey, panggilan akrabnya, dalam keterangan tertulis, Kamis, 4 Januari 2024.

Dia mengungkapkan, keputusan ini merupakan hasil kajian dalam rapat bersama antara Bawaslu Jakpus dengan Bawaslu DKI Jakarta, Rabu, 3 Desember malam.

Kata Sonny lagi, temuan pelanggaran tersebut selanjutnya akan diteruskan ke Bawaslu DKI Jakarta untuk disampaikan ke Pemprov DKI Jakarta dan ditindaklanjuti.

“Diteruskan ke Bawaslu Provinsi DKI Jakarta untuk disampaikan kepada instansi yang berwenang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” jelas Sonny.

Untuk diketahui, Bawaslu Jakpus memanggil Gibran untuk diperiksa terkait kegiatannya bagi-bagi susu di CFD Jakarta, Rabu, 3 Januari 2024.

Sebelum memeriksa Gibran, Bawaslu Jakpus memeriksa Ketua DPP PAN Zita Anjani dan dua kader PAN, yakni Sigit Purnomo alias Pasha dan Surya Utama alias Uya Kuya.

Mereka bertiga diketahui hadir dalam kegiatan Gibran bagi-bagi susu di area CFD Jakarta yang berlangsung pada 3 Desember 2023.

Kegiatan ini kemudian masuk daftar temuan pelanggaran Bawaslu Jakpus untuk selanjutnya diselidiki.

Gibran sendiri membantah dirinya berkampanye di area CFD Jakarta. Menurut dia, tidak ada alat peraga kampanye (APK) digunakan ataupun ajakan untuk mencoblos.

“Enggak ada alat peraga kampanye. Kami enggak mengajak untuk mencoblos,” ucap putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini.

Wali Kota Solo ini mengaku hanya membagikan susu gratis di lokasi CFD karena ada banyak warga di sana.

Meski demikian, Gibran mengakui bahwa pembagian susu secara gratis merupakan salah satu programnya bersama capres Prabowo Subianto.

“Bagi-bagi susu kan salah satu program dari kami. Ada program makan siang gratis juga,” tutur Gibran. (*)