JAKARTA, Eranasional.com – Co-Kapten Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), Sudirman Said melakukan komunikasi dengan tim capres lain. Apa yang dibicarakan?

Soal itu, Juru Bicara Timnas AMIN, Muhammad Ramli Rahim menyatakan setuju dengan langkah Sudirman Said yang membangun komunikasi ke kubu lain. Menurut dia, tidak ada lawan yang benar-benar menjadi musuh.

“Sejak awal Pak Anies punya komitmen bahwa dalam berkontestasi di Pilpres 2024 tidak ada lawan yang menjadi musuh,” kata Ramli secara tertulis, Minggu, 31 Desember 2023.

Dia pun meminta semua tim pemenangan, baik Timnas AMIN maupun partai politik pengusung tetap fokus pada hal yang diperjuangkan pada Pilpres 2024. Kata dia, tidak perlu menutup komunikasi dengan pihak lain.

“Tidak perlu kita menutup komunikasi apalagi sampai saling membenci dengan orang-orang menjadi lawan politik pasangan capres dan cawapres yang kita usung,” tegasnya.

“Pak Sudirman sudah benar, kita tidak perlu menutup ruang komunikasi dengan yang lain. Apalagi dari banyak hasil survei, suara AMIN terus mengalami kenaikan,” sambungnya.

Mengenai permintaan Ketua DPP Partai Nasdem, Bakhtiar Ahmad Sibarani agar Sudirman Said menahan diri dan menjaga sikap, menurutnya pernyataan itu belum sikap resmi dari Partai Nasdem.

“Pernyataan yang keluar saat itu hanya bukan pernyataan resmi Nasdem. Kalau yang bicara Ketua Umum Nasdem Surya Paloh atau Sekjen atau Juru Bicara Nasdem, itu baru Nasdem,” ujarnya.

Agar tidak terjadi salah paham, lanjut Ramli, dia meminta Anies Baswedan mengundang Sudirman Said dan pihak Nasdem untuk duduk bersama.

“Sebaiknya Pak Anies mengundang Pak Sudirman Said dan pihak Nasdem duduk bersama-sama. Jangan biarkan ini menjadi konsumsi publik yang berkelanjutan,” pungkasnya.

Politisi Nasdem Minta Sudirman Said Jaga Sikap

Di kesempatan berbeda, Ketua DPP Partai Nasdem Bakhtiar Ahmad Sibarani meminta Sudirman Said menahan diri.

“Pertama, sikap Sudirman Said yang dikabarkan berkomunikasi dengan tim dari capres lain untuk membangun koalisi itu adalah sikap pribadi,” kata Bakhtiar, Minggu, 31 Desember 2023.

“Kedua, Partai Nasdem saat ini, sesuai arahan dari Pak Ketua Umum Surya Paloh dan Pak Wakil Ketua Umum Ahmad Ali untuk terus membangun komunikasi dengan rakyat sebagai koalisi utama partai untuk memenangkan Pak Anies. Jadi koalisinya ke rakyat, bukan ke capres lain,” sambungnya menegaskan.

Dia menilai Sudirman Said terlalu bermanuver. Hal itu tidak sesuai dengan pandangan partai koalisi pendukung Anies-Cak Imin.

“Sebagai partai pengusung, tentu kami saat ini, sudah berjuang dengan sangat luar biasa untuk memenangkan AMIN. Oleh karena itu Sudirman Said jangan over, jaga sikap, jaga lisan,” sindirnya. (*)