JAKARTA, Eranasional.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Pusat batal memeriksa komedian sekaligus politisi PAN, Eko Patrio terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka.

Pelanggaran yang dimaksud adalah Gibran membagi-bagikan susu secadra gratis di area Car Free Day (CFD) yang berada di wilayah Jakarta Pusat.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jakpus Dimas Triyanto mengatakan seharusnya Ketua DPW PAN Jakarta tersebut menjalani pemeriksaan pada hari Kamis, 21 Desember 2023 siang.

Namun, Eko Patrio tidak hadir ke kantor Bawaslu Jakpus dengan alasan sakit. Padahal itu panggilan yang kedua.

“Untuk Eko Patrio karena sudah dua kali panggilan tidak hadir, kami rasa cukup klarifikasi dari Sigit Purnomo alias Pasha Ungu, Surya Utama alias Uya Kuya, dan Zita saja dalam membuat kajian nanti,” kata Dimas saat dikonfirmasi, Selasa, 26 Desember 2023.

Menurut Dimas, klarifikasi yang disampaikan Pasha Ungu, Uya Kuya, dan Zita dirasa sudah cukup dan bisa mewakili keterangan Eko Patrio.

Dengan begitu, selanjutnya Bawaslu Jakpus akan meminta keterangan dari Gibran, untuk melengkapi bahan penyelidikan.

“Kemungkinan kami akan mengundang Gibran saja. Sekarang sedang dipersiapkan, kemungkinan Rabu, 27 Desember besok akan kami kirim surat pemanggilannya,” ucap Dimas.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Jakpus Christian Nelson Pangkey atau Sonny Pangkey mengatakan Eko Patrio, Pasha Ungu, Uya Kuya, dan Zita diketahui ikut hadir saat Gibran membagi-bagikan susu di area CFD Jakarta.

“Intinya mendalami dan menindaklanjuti suatu laporan atau temuan, ada tahapan klarifikasi yang kami lakukan untuk memperjelas duduk perkara yang ada, sehingga dari hasil klarifikasi, kami mendapat poin-poin penting,” jelas Sonny.

Untuk diketahui, larangan kegiatan politik di area CFD tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 12 Tahun 2016 tentang Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB).

Saat ditanya soal pelanggaran kampanye yang dilakukan dirinya di area CFD Jakarta, Gibran.

“Enggak ada alat peraga kampanye (APK) yang kami gunakan. Kami juga enggak mengajak untuk mencoblos,” kata Gibran.

Namun dia mengaku membagi-bagikan susu secara gratis di lokasi Car Free Day Jakarta karena ada banyak warga di sana.

Meski demikian, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengakui bahwa pembagian susu merupakan salah satu programnya bersama capres Prabowo Subianto.

“Selain susu gratis, ada juga program makan siang gratis,” ucap Gibran. (*)