JAKARTA, Eranasional.com – Cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka menyebut cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) aneh karena memiliki keinginan untuk membangun kota-kota seperti Jakarta, tetapi tidak setuju dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Gibran mengucapkan hal itu saat debat cawarpres yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Desember 2023 malam.

“Gus Muhaimin ini agak aneh ya, ingin bangun kota selevel Jakarta, tapi engggak setuju sama IKN. Tapi ya monggo-lah ya, enggak apa-apa,” ujar Gibran.

Gibran melanjutkan, untuk mengatasi permasalahan di kota, harus dibenahi transportasi umumnya.

Dia menyebut, transportasi umum harus dipastikan aman dan nyaman untuk semua kalangan, termasuk kaum disabilitas, lanjut usia, dan anak-anak.

“Lalu kita pastikan transportasi umum ini ada digitalisasinya. Sekarang kan sudah ada Teman Bus. Nah ini harus kita replikasi di beberapa kota juga,” ujar dia.

“Lalu untuk mungkin di kota-kota kecil kita pakai skema buying the service, sehingga masyarakat bisa mencoba menggunakan transportasi umum secara gratis,” ucap Gibran. (*)