JAKARTA, Eranasional.com – Acara peringatan haul Presiden RI ke-4, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ke-14 akan digelar di Warung Silah, Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu, 16 Desember 2023 pukul 20.00-23.00 WIB.

Ketua Panitia Haul Gus Dur ke-14 Inaya Wulandari Wahid mengatakan, haul Gus Dur kali ini mengangkat tema ‘Meneladani Budaya Etika Demokrasi Gus Dur’.

Inaya menjelaskan, tema tersebut dipilih keluarga sebagai upaya untuk menghadirkan inspirasi dan keteladanan Gus Dur tentang demokrasi sebagaimana yang sudah diyakini, dijalankan dan diperjuangkan Gus Dur.

“Banyak hal yang bisa dipelajari dan diperhatikan oleh penyelenggara, kontestan dan konstituen tentang bagaimana seharusnya demokrasi ditempatkan, diarahkan dan ditata orientasinya,” kata Inayah dalam siaran pers yang diterima Eranasional.com, Sabtu, 16 Desember 2023.

Terpenting, lanjut Inaya, yang dapat diteladani dari demokrasi ala Gus Dur adalah tentang budaya etika yang beliau pegang teguh, dijalankan dan diperjuangkan.

Gus Dur tidak menganggap demokrasi dan pemilu sebagai prosedur dan angka-angka elektoral, tetapi memiliki kandungan mandat nilai perjuangan harkat martabat manusia dan kesejahteraan.

“Demokrasi di sisi Gus Dur, juga tak bisa dipisahkan dari budaya anti kekerasan dan ketaatan pada konstitusi,” ujarnya.

Di acara Gaul Gus Dur ke-14 ini akan dihadiri sejumlah tokoh nasional, tokoh agama dan tokoh lintas agama, serta sejumlah tamu undangan lainnya. Dan, akan ada pembacaan ‘Amanat Ciganjur’ berisi pesan-pesan demokrasi, yang akan dibacakan oleh beberapa tokoh bangsa seperti Shinta Nuriyah Wahid (istri Gus Dur), Lukman Hakim Saifuddin (eks Menteri Agama), Romo Benny Susetyo dan Pendeta Gomar Gultom.

Turut meramaikan juga sejumlah artis dan seniman di antaranya Band Lorjhu dari Madura, Ria Pasar Kemis, Yati Pesek yang akan didapuk tampil di panggung standup comedy bersama trio komedian santri Abioso Group. (*)