JAKARTA, Eranasional.com – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut tiga, Mahfud MD mengaku tidak memerlukan persiapan khusus untuk menghadapi debat cawapres pada 22 Desember 2023 mendatang.

Dia hanya memastikan akan hadir pada debat tersebut untuk menghadapi dua rivalnya yakni cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka.

“Saya enggak menyiapkan apa-apa. Pokoknya datang,” kata Mahfud di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Kamis, 14 Desember 2023.

Sementara itu, calon presiden (capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo meyakini Mahfud telah siap melakukan debat cawapres.

Menurut dia, Mahfud memiliki kapasitas yang mumpuni untuk berdebat dengan Cak Imin dan Gibran.

“Insya Allah siap. pak Mahfud memiliki kapasitas yang sangat bagus,” kata Ganjar di Jakarta, Kamis, 14 Desember 2023.

Dia pun tidak mengkhawatirkan soal tema debat cawapres di luar dari bidang yang dikuasai oleh Mahfud.

“Kami akan siap untuk menjawab semuanya dengan program yang sudah kami siapkan,” ujarnya.

Sebagai informasi, setelah menggelar debat capres pada Selasa, 12 Desember kemarin, KPU akan menggelar acara debat cawapres pada 22 Desember 2023 mendatang.

Pada debat capres teman yang diangkat adalah bidang hukum, HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Sedangkan tema debat cawapres nanti mengangkat tema ekonomi yang mencakup tentang ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, serta perkotaan. (*)