JAKARTA, Eranasional.com – Jelang debat cawapres pada 22 Desember 2023 mendatang, kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) tidak terlalu memperhitungkan cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka.

Juru Bicara Timnas AMIN, Angga Putra Fidrian mengakui lawan berat Cak Imin berdebat adalah cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD.

“Saya percaya, lawan berat berdebat Cak Imin cuma Pak Mahfud,” kata Angga Sekretariat Timnas AMIN, Rabu, 13 Desember 2023.

Angga pun menyatakan optimis dalam debat antar cawapres nanti, Cak Imin akan tampil baik.

Sebagai informasi, dalam debat cawapres nanti tema yang diangkat adalah bidang ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Dikatakannya, Cak Imin sudah mendapat gambaran mengenai debat kedua nanti akan berjalan seperti apa dari melihat jalannya debat pertama pada Selasa, 12 Desember kemarin.

Diakuinya, sebelum menyaksikan debat capres pertama, Cak Imin belum mengetahui konsep debatnya.

“Setelah melihat dan mencermati konsep serta format yang ditetapkan KPU, Cak Imin akan menghadapi debat nanti dengan rileks,” ujarnya.

“Apalagi beliau punya rekam jejak yang panjang dalam konteks aktivisme, dari mahasiswa, debat-debat di DPR dan MPR,” sambungnya.

Soal isu ekonomi yang diangkat dalam debat antar cawapres nanti, Angga memastikan Cak Imin sudah memahami. Persiapan yang dilakukan saat ini hanya mendorong ciri khas Cak Imin saat tampil atau menjawab pertanyaan panelis maupun kandidat lainnya.

Angga menilai, ciri khas menjadi penting untuk mengingatkan pemilih mengenai jawaban-jawaban serta program-program yang akan digagas oleh Anies-Cak Imin jika memimpin Indonesia pada 2024-2029.

“Misalnya, bagaimana Anies-Cak Imin menghadapi permasalahan ekonomi yang menjadi perhatian publik yang belum mendapat perhatian lebih dari pemerintaan saat ini,” jelasnya. (*)