JAKARTA, Eranasional.com – Tahapan pelaksanaan Pilpres 2024 sudah dimulai. KPU akan menggelar acara debat perdana antar capres. Berikut jadwal pelaksanaan dan lokasinya.

KPU telah menetapkan akan menggelar debat perdana antar capres pada hari Selasa, 12 Desember 2023 pukul 19.00 WIB, berlokasi di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol,  Jakarta Pusat.

“Rencananya dimulai pukul 19.00 WIB. Kalau penyiaran di masa prime time,” kata Komisioner KPU RI August Mellaz di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 9 Desember 2023.

Rencananya, debat perdana Pilpres 2024 ini akan ditayangkan di TVRI dan RRI, dan mengangkat tema tentang hukum, HAM, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi, serta pelayanan publik.

August menjelaskan, pihaknya memang membagi-bagi “jatah” stasiun televisi untuk menayangkan secara langsung acara debat capres dan cawapres.

Dia menyebutkan, pada debat kedua yang menampilkan antar cawapres, pada hari Jumat, 22 Desember 2023 akan ditayangkan 2di TransTV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV dan BTV.

“Debat ketiga antar capres lagi hari Minggu, tanggal 7 Januari 2024 disiarkan di MNC TV News, iNews, RCTI ada GTV,” sebutnya.

Lalu, debat keempat yang kembali menampilkan antar cawapres pada hari Minggu, 21 Januari 2024 disiarkan di SCTV, Indosiar dan MetroTV.

Terakhir, debat kelima antar capres pada Minggu, 4 Februari 2024 ditayangkan TV One, ANTV, Net TV, dan Garuda TV.

Kembali lagi topik debat capres perdana, kata August, akan dimediatori oleh Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel. Keduanya merupakan jurnalis dari TVRI.

“Kita juga sudah mendapatkan moderator untuk diskusi atau debat pertama capres-cawapres, yaitu Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel. Keduanya dari TVRI,” imbuhnya.

Pada debat capres perdana ini akan berlangsung selama 120 menit atau dua jam yang melibatkan 11 panelis yaitu pakar ilmu politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Sukmajati, pakar ilmu politik Undana Rudi Rohi, ahli hukum tata negara Universitas Dipenogoro Lita Tyesta ALW, dan pakar hukum Unand Khairul Fahmi.

Selain itu, pakar hukum tata negara dari UNS Agus Riewanto, pakar tata hukum negara UNPAD Susi Dwi Harijanti, Guru Besar Universitas Jember Bayu Dwi Anggono, Ketua Komnas HAM periode 2017-2020 Ahmad Taufan Damanik, dan

Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga Phil Al Makin, dan Dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, Gun Gun Heryanto, serta Dekan Fisipol UGM Wawan Mas’udi. (*)