BALI, Eranasional.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menceritakan pengalamannya saat menjadi kontestan Pilpres 2019. Katanya, debat antar cawapres dibuat sendiri, dan tidak ditemani oleh capres saat berdebat.

“Kalau debat tahun 2019 yang lalu, ada tiga macam debat. Ada debat pasangan capres-cawapres, ada debat capres saja, ada juga debat cawapres sendiri,” kata Ma’ruf di Bali Nusa Dua Convention Center, Badung, Bali, Rabu, 6 Desember 2023.

Meski begitu, Ma’ruf Amin menyerahkan soal materi debat capres-cawapres 2024 kepada KPU. Terpenting, dia menekankan tentang pembangunan ke depannya.

“Mengenai materi debat, saya kira nanti KPU yang menilai hal-hal yang memang menjadi concern kita di dalam pembangunan ke depan itu seperti apa,” ujarnya.

Berdasarkan pengalaman dirinya, Ma’ruf menyebut penyampaian ide dan gagasan dalam debat sangat bermanfaat. Sehingga masyarakat bisa menilai apakah pasangan capres-cawapres tersebut menguasai permasalahan atau tidak.

“Tentu bermanfaat menyampaikan ide-ide, sehingga masyarakat mengetahui apakah capres-cawapres itu menguasai masalah apa tidak,” jelas Ma’ruf Amin.

Rabu, 6 Desember 2023 siang, KPU kembali menggelar rapat dengan agenda pembahasan format debat capres-cawapres.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan pembahasan itu mengenai format debat, tema debat, dan panelis, juga moderator. (*)