JAKARTA, Eranasional.com – Ketua DPC PDIP FX Hadi Rudyatmo atau FX Rudy mengaku pernah ditawari jabatan Wakil Menteri (Wamen) PUPR oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tapi dia menolaknya.

“Pertama yang menelepon saya Pak Pramono Anung (Mensesneg). Dia bilang, ‘Mas Rudy, Ibu (Megawati) sudah setuju Mas Rudy akan diusulkan dilantik menjadi Wakil Menteri PUPR’. Saya jawab Mboten (tidak). Setelah itu saya di-WA (WhatsApp) Pak Mensesneg hari Rabu harus sampai di Jakarta membawa PSL. Saya jawab Mboten,” kata FX Rudy di Jakarta, Rabu, 29 November 2023.

Selang beberapa hari kemudian, giliran Wali Kota Solo yang juga putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, mendatangi kediamannya untuk menanyakan alasan dirinya menolak tawaran jabatan Wamen PUPR.

“Mas Gibran disuruh datang ke rumah saya untuk menanyakan kenapa saya menolak. Saya tetap jawab, Mboten,” ujarnya.

Mantan Wali Kota Solo ini mengungkapkan alasan dirinya menolak tawaran tersebut karena lebih mementingkan persahabatannya dengan Ahmad Purnomo, yang hendak maju sebagai calon Wali Kota Solo pada 2019, tapi “disalip” oleh Gibran.

“Saya lebih mementingkan persahabatan dengan Pak Ahmad Purnomo, calon Wali Kota Solo yang “dipotong” 9 September 2019 lalu,” ucapnya.

Selain itu, Jokowi juga menawarkan jabatan kepada Ahmad Purnomo Komisaris Utama BUMN, Kalbe Farma. saat itu dirinya dan Purnomo diundang Jokowi ke Istana Negara, Jakarta.

Kata Rudy, tawaran dirinya sebagai Wamen PUPR sebelum Gibran dilantik menjadi Wali Kota Solo.

Seperti dirinya, Ahmad Purnomo juga menolak tawaran Jokowi untuk menjadi Komisaris Utama PT Kalbe Farma.

“Saya enggak mau dinilai Pak Purnomo kalau menerima jabatan Wamen PUPR itu saya dibarter. Kan sakit hati kalau dituduh seperti itu,” ujar FX Rudy. (*)