JAKARTA, Eranasional.com – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan tegas meminta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memenangkan pasangan bakal calon Presiden dan Wakil Presiden RI Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Jawa Timur pada Pilpres 2024.

Tanggung jawab itu, menurut Airlangga, sebagai politik balas jasa karena Golkar pernah berkontribusi memenangkan Khofifah saat mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Timur.

Untuk diketahui, pada Pilgub Jawa Timur 2018, Khofifah dan Emil Dardak didukung oleh Partai Demokrat, Partai NasDem, PPP, Partai Hanura, dan PAN.

“Khofifah dulu didukung Golkar di Pilgub 2018 lalu, dan ke depannya ini akan mendukung pasangan Prabowo-Gibran,” kata Airlangga di acara perayaan HUT ke-59 Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Senin (6/11).

Agar Prabowo-Gibran menang di Jawa Timur, Airlangga mengarahkan Khofifah bekerja sama dengan mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo (Pakde Karwo). Dan, dia berkeyakinan jika kedua orang ini bersatu maka Prabowo-Gibran akan menang di Jawa Timur.

“Jadi kalau sudah dua penyerang ini tandem, itu sepertinya kita di Jawa Timur akan menang,” ujarnya.

Sementara itu, lanjut Menko Perekonomian ini, mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menjadi ujung tombak pemenangan Prabowo-Gibran di Jawa Barat.

“Bertanggung jawab untuk pemenangan di Jawa Barat Pak Ridwan Kamil,” ucap Airlangga.

Sebagai informasi, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran yang diketuai Rosan Roeslani telah diumumkan, Senin (6/11). Dalam struktur tersebut tidak ada nama. Sementara itu, nama Ridwan Kamil masuk dalam jajaran dewan penasihat TKN Prabowo-Ganjar. (*)