JAKARTA, Eranasional.com – Jurnalis yang juga news anchor,  Aiman Witjaksono menjadi Juru Bicara bakal capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Dengan bergabungnya dalam tim pemenangan Ganjar-Mahfud, Aiman menyatakan dirinya sudah tidak aktif lagi sebagai jurnalis.

“Benar, saya nonaktif dari segala kegiatan jurnalistik, baik sebagai Pemimpin Redaksi SindonewsTV, Wakil Pemimpin Redaksi iNews, maupun sebagai Pembawa Acara The Prime Show with Aiman yang tayang rutin di iNews”, ujar Aiman dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/11/2023).

Dia memilih tidak aktif lagi sebagai jurnalis lagi demi menjaga independensi dan etika sebagai jurnalis.

Selain itu, lanjut Aiman, salah satu klausul kode etik maupun pasal dalam Undang-Undang Pers mewajibkan seorang jurnalis untuk berlaku independen. Menurut dia, meski kata independen tidak memiliki ukuran yang pasti, tetapi menjadi juru bicara paslon capres-cawapres jelas sulit untuk dipersepsikan independen.

Selain menjadi juru bicara Ganjar-Mahfud, Aiman juga merupakan caleg DPR RI dari Partai Perindo. Dan, Sabtu (4/11) ini KPU RI merilis Daftar Calon Tetap (DCT) caleg DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Nama Aiman tercatat dalam DCT.

“Sesuai janji saya dulu saat pertama kali mendaftar di partai, bahwa ketika DCT muncul dan ada nama saya di situ, maka seketika itu saya mundur dari profesi wartawan” pungkas Aiman. (*)