SURABAYA, Eranasional.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkap sosok capres yang akan dukungnya pada Pilpres 2024.

“Kita mencari pemimpin terbaik untuk bangsa Indonesia ke depan. Jadi kalau PR bangsa ini menurut saya, pertama persatuan, kedua persatuan, ketiga persatuan,” kata Khofifah, Jumat (3/11/2023).

Khofifah menekankan, presiden Indonesia yang akan datang harus terus berkomitmen menjaga persatuan Indonesia, termasuk di Papua.

Lalu, dia menyinggung banyak negara yang hanya mampu bertahan setelah 25 hingga 50 tahun berdiri.

Dia pun bertanya apa yang sedang terjadi dengan Papua beberapa terakhir ini.

“Apa yang terjadi di Papua? Saya enggak pernah underestimate, kita harus menjaga Indonesia terhindar dari kemungkinan terjadi disintegrasi bangsa,” ujarnya.

Khofifah bersyukur, di usia 78 tahun Indonesia masih utuh. Menurutnya, dinamika-dinamika yang terjadi di Papua harus dicari titik temunya, supaya semua kemudian terbangun keseimbangan-keseimbangan baru.

Lantas siapa capres yang dimaksud? Khofifah tidak menjawab dengan spesifik.

“Pokoknya kita butuh pemimpin yang mampu membangun equilibrium dynamic untuk menyikapi dinamika lokal, regional, nasional, global. Dari situ kemudian kita butuh proses untuk membangun keseimbangan-keseimbangan baru,” pungkas dia. (*)