JAKARTA, Eranasional.com – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep mengaku sudah mengajak kakak sulungnya, Gibran Rakabuming Raka untuk bergabung dengan partainya karena melihat status Wali Kota Solo itu tidak jelas di PDIP.

Ketidakjelasan status Gibran setelah menjadi bakal cawapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) mendampingi Prabowo Subianto.

“Sudah saya ajak ke PSI,” kata Kaesang di sela-sela mengunjungi Posko Relawan Jokowi, ‘Timbul Sehati Indonesia’ di Jalan Penjernihan Dalam, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Kamis (2/11/2023).

Lalu, bagaimana respon Gibran? Kata Kaesang, Gibran tidak menolak, tapi tidak juga memberikan penjelasan soal langkah politiknya sampai saat ini.

“Pak Wali kan jawabannya begitu. Ditanya, ‘Mas mau enggak? Dia jawab Cuma ‘ya’. Sudah begitu saja,” jelas Kaesang.

Sebelumnya, Gibran sempat diisukan bergabung dengan Partai Golkar setelah dideklarasikan menjadi bakal cawapres Prabowo Subianto. Namun, hingga saat ini belum juga terdaftar sebagai kader partai berlambang pohon beringin tersebut.

Begitu juga dengan PDIP yang tak kunjung memberikan sanksi pemecatan pada Gibran yang dianggap tidak tegak lurus dengan arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Seperti diketahui, pada Pilpres 2024 PDIP mengusung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai bakal capres-cawapres.

Sejumlah elit PDIP hanya mengatakan keanggotaan Gibran otomatis berakhir. Kemudian meminta Gibran mengembalikan Kartu Tanda Anggota (KTA). Di sisi lain, Gibran tidak juga memberikan kejelasan perihal statusnya di PDIP. (*)